VideoPad 9: Menambah Logo Atau Watermark Pada Video

VideoPad 9: Menambah Logo Atau Watermark Pada Video

Menambahkan atau memberi logo pada video dengan videopad. Kali ini penulis akan berbagi sebuah cara mudah untuk menambahkan lambang, gambar, animasi pada sebuah video yang digunakan sebagai logo dari video, untuk contohnya teman-teman bisa menjumpai di siaran TV, atau lebih jelasnya perhatikan gambar dibwah ini.
Logo menjadi hal penting untuk sebuah video, coba bayangkan jika salah satu siaran TV tidak mempunyai logo? Yang jadi pertanyaan ini tayangan/video di siarkan oleh siapa? Milik siapa? Dan sebagainya. Bisa disederhananakan logo itu bagai lambang kepemilikan atau copyright dan sebagainya.

Dimana perkembangan teknologi saat ini semakin pesat, banyak konten yang tersebar luas di internet saat ini tanpa di ketahui si pembuatnya, ada beberapa gambar yang tersebar di internet tanpa atribut-atribut akibatnya konten tersebut menjadi konten milik bersama, apapun yang kita upload di internet siap atau tidak saat itu konten anda akan dapat di akses,di download dan di edit oleh banyak orang. Oleh karenanya pemberian logo atau atribut pada konten tersebut sangat penting. Lalu bagaimana cara menambahkan logo pada sebuah konten? Pada artikel ini lebih khusus pada video/film teman-teman sekalian.

Ditutorial ini saya mempunyai sebuah proyek video, untuk melihat proyeknya silakan kehalaman About. Karena proyek ini adalah video tentang saya sebagai admin di blog ini, jadi sambil mengerjakan video About me, sekalian penulis membuatkan tutorial untuk pembaca sekalian.
Banyak software atau aplikasi editor yang menyediakan sebuah fitur yang dapat anda gunakan, seperti halnya After Effect, hanya dengan menggunakan Effect keying semuanya menjadi mudah, namun untuk menggunakan after effect agar lebih stabil disarankan untuk menggunakan perangkat yang spesifikasinya tinggi, bagaimana jika spesifikasi perangkat anda mempunyai spec rendah seperti punya admin? Ataun perangkat anda hanya berupad NB? Jalan keluarnya dengan menggunakan Videopad, untuk lebih jelasnya tentang videopad silakan ke artikel berikut.

Tutorial Videopad Menambah Logo Pada Video Atau Watermark

Tutorial Menambahkan/Memberikan Logo pada Video

  • Pertama, tentu buka dulu videpad anda.
  • Kedua, add media yang akan anda tambahkan logo, atau jika anda mempunyai proyek silakan load seperti biasa terlebih dahulu, karena proses penambahan logo sebaiknya diterapkan pada saat proyek anda telah selesai agar tidak mengganggu pekerjaan anda.
  • Kemudian klik kiri panda tanda tambah yang berada pada Overlay Track
    Tutorial Videopad Menambah Logo Pada Video Atau Watermark
  • Akan muncul sebuah kota box baru yang bernama new Overlay
  • Anda akan melihat dua pilihan, anda dapat menambah teks atauppunu gambar dengan video, di tutorial kali ini saya akan memasuka logo berupa gambar. Jadi Centang/Pilih Image or Video, lalu pilih browser untuk memilih gambar yang akan kita gunakan. Kemudian jika gambar telah dipilih silakan klik OK
    Tutorial Videopad Menambah Logo Pada Video Atau Watermark
  • Maka akan muncul secara otomatis media di timeline tepatnya di bagian Overlay track.
    Tutorial Videopad Menambah Logo Pada Video Atau Watermark
  • Setelah itu and dapat mengatur durasinya, baik secara manual atau anda menginputnya, dengna cara manual anda dapat menariknya langsung pada media yang baru muncul tersebut sampai durasi yang anda inginkan, untuk cara menginputnya, pada gambar di atas anda dapat memperhatikan di kolom pengaturan Overlay Track terdapat Duration in Second, masukan berapa menit atau detik logo anda akan muncul, untuk tutorial kali ini saya menyusuaikannya sesuai durasi video, jadi logo akan terus muncul ketika video masih terus di putar.
  • Untuk mengatur Logo kita di video, kita dapat memanfaatkan fitur pengaturan Overlay track. Perhatikan gambar di atas (Gambar pada langkah 6), disana terletak pengaturan overlay, dimana terdapat size (Untuk mengatur besar kecilnya logo kita), Opacity (Untuk mengatur transparansi dari logo kita), Untuk Fading (Centang, jika anda ingin logo anda muncul dengan animasi fade dan jangan centang untuk sebaliknya) Bagian Duration sudah saya jelaskan di atas, di bagian tanda anak panah (Pengaturan penempatan logo kita, jika kita memilih di bawah maka logo kita akan berada di bawah, untuk tutorial ini penulis menempatkannya di atas samping kanan.) masih ada 3 pengaturan yang lain, fungsinya masing-masing untuk mengatur margin logo kita, untuk menghapus background logo kita dan untuk memberikan efek pada logo kita.
    Mungkin untuk pengaturan logo kita kita di atas, penulis tidak dapat menjelasnkannya secara sederhana dan mendetail, namun di video di bawah ini, penulis sudah menjelaskan fungsi-fungsi dari pengaturan Overlay Track dan mungkin anda akan cepat paham karena kita langsung praktek di videopad.
  • Nah, setelah semua selesai tentunya yang terakhir silakan anda save.

Sumber: (here)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *