VideoPad 8: Menambahkan Efek Transisi pada Video

VideoPad 8: Menambahkan Efek Transisi pada Video

Cara menambah efek transisi pada video dengan videopad. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tutorial dasar videopad, yaitu menambahkan sebuah efek transisi (Efek perpindahan antara video A ke video B).
Transisi adalah element penting dalam video editor, dan kemungkinan sudah mutlak adanya, setiap software video editor pasti mempunyai fitur tansisi, sama halnya dengan videopad.

Lalu bagaimana cara menemabah transisi pada video dengan videopad? Kita langsung saja ketkp.
Pertama, penulis sudah mempunyai sebuah contoh video, disini penulis menggunakan contoh video dalam bentuk warna, warna orange, hijau dan biru.

Disini penulis sudah mempunyai contoh 3 video didalam timeline videopad, dengan kata lain videonya sudah dimasukan kedalam videopad. Berikut contohnya

Pada bagian video 1 berwarna orange, lalu kemudian ada video 2 yang berwarna hijau dan video 3 berwarna biru.

Disini kita akan mencoba memberikan efek transisi pada perpindahan video 1 ke video 2, jadi yang pertama kita aktifkan dulu video 1 dengan klik kiri pada video 1 tersebut. Setelah aktif maka tampilannya seperti dibawah ini

Setelah aktif seperti gambar diatas, langsung saja kita lihat di pokok kiri atas, disamping media list terdapat, transisi. Kita klik kiri pada transisi tersebut, maka akan muncul list transisi atau kumpulan transisi.

Pada list transisi diatas, kalian dapat memilih transisi sesuai dengan kebutuhan kalian, disini penulis akan memberikan efek transisi ROLL (atau efek videonya akan memutar),

Setelah kalian memilih transisi, akan muncul sebuah pengaturan Duration in Seconds pada bagian bawah list transisi, disini kalian bisa mengatur berapa durasi efek transisi tersebut, disini saya beri default saja yaitu 0,3 dan terakhir klik kiri Aply (Terapkan), maka akan muncul sebuah tampilan yang bahwa pada perpindahan dari video 1 ke video 2 telah diterapkan sebuah transisi, perhatikan gambar dibawah ini

Diatas sudah dapat disimpulkan, bahwa garis yang ditunjukan didalam gambar itu berdurasi 0,3 detik, dimana itu adalah efek transisi yang telah diterapkan.

Untuk menerapkan transisi pada perpindahan Video 2 ke video 3, maka terlebih dahulu aktifkan video 2 kemudian pilih transisi setelah itu kembali seperti tutorial sebelumnya, dan begitupun seterusnya.

Mungkin sampai disini sudah cukup jelas mengenai cara menambahkan sebuah efek transisi pada perpindahan sebuah video dengan videopad video editor.

Berikut adalah contoh yang akan kita dapatkan sebelum dan sesudah menerapkan Efek transisi pada sebuah video dengan videopad, pada transisi pertama penulis menerapkan efek transisi ROLL kemudian pada transisi video 2 ke video 3, penulis menerapkan efek transisi FLIP.

Cuplikan sebelum memberikan efek transisi pada video

Cuplikan sesudah memberikan efek transisi pada video

Itu dia tutorial sederhana bagiamana cara menambahkan sebuah transisi kedalam video dengan videopad, penulis rasa semua sudah cukup jelas, namun jika ada yang kurang jelas atau kalian tidak pahami silakan berkomentar dibawah.

Sumber: (here)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *