VideoPad 7: Membuat Efek Video Seperti Film dengan Videopad

VideoPad 7: Membuat Efek Video Seperti Film dengan Videopad

Bagaimana sih cara menambahkan efek tertentu kedalam video menggunakan videopad? Ok kali ini kita akan menjawab pertanayaan ini. Efek yang penulis maksud disini, misanya kalian ingin menambahkan efek gerakan lambat, efek crop untuk memotong bagian video yang tidak diinginkan, menambahkan efek warna didalam video, mengatur pencahayaan atau bayangan pada sebuah video.

Namun disini kita juga akan fokus ke teknik gradient colour, seperti pada judulnya, penulis mengatakan bahwa ini adalah cara memberikan efek seperti film-film diluar sana, yaps kita akan membuat sebuah efek warna layaknya seperti film film keren diluar sana, yaitu dengan menggunakan teknik pewarnaan pada video. Lihat Contoh kedua.

Penulis akan memberikan dua buah contoh kasus, agar kalian lebih paham bagaiamana cara menggunakan fitur efek didalam videopad. Dengan begitu kalian bisa mengatur efek sesukanya, melepaskan atau menghapus efek yang sudah diterapkan bahkan kalian bisa mengkombinasikan dua efek atau lebih.

Jadi, kita langsung saja. Dalam contoh yang pertama, penulis akan menambahkan sebuah efek dasar, yaitu efek hitam putih pada sebuah video, disini penulis sudah siapakan sebuah video yang akan penulis berikan efek hitam putih dan tentunya penulis sudah memasukannya kedalam timeline videopad seperti contoh dibawah ini.

Ok, kita lanjut pada contoh kasus yang pertama, dibawah ini penulis sudah mempunyai video pada timeline videopad.

Yang perlu kalian ketahui, fitur Effect pada videopad bahkan fitur transisi tidak akan muncul jika video pada timeline belum aktif, untuk mengaktifkannya kalian tinggal klik kiri pada video di timeline, otomatis tampilan video pada timeline akan menjadi seperti dibawah ini. (Bandingkan dengan gambar sebelumnya)

Nah, video diatas terlihat berwarna kebiru-biruan daripada tampilan gambar sebelumnya, itu menandakan videonya sudah aktif.

Selanjutnya kita tinggal klik kiri pada Effect  di bagian Menu Track atau kalian juga bisa klik kiri pada tab effect yang berada diatas dekat media list, otomatis akan muncul kumpulan effect yang disediakan oleh videopad.

Diatas kalian bisa pilih sesuai selera, efek yang disediakan oleh videopad diantaranya, Crop (untuk memotong video), Rotate (untuk memutar video), Speed (untuk mengatur kecepatan video), zoom (untuk memperbesar video), dan masih banyak lagi. Pada contoh kasus yang pertama ini kita akan memilih Black & White, setelah kita klik efek Black & White, secara otomatis video kita pada preview sudah menjadi hitam putih.

Nah, sampai disini contoh kasus yang pertama, itu adalah efek yang sangat dasar jadi tidak perlu lagi diatur namun ada beberapa efek yang perlu pengaturan didalam videopad, oleh karena itu penulis akan membahasnya di contoh kasus yang kedua.

Pada contoh kasus yang kedua kita akan menerapkan efek Brightness dan Saturation, jadi disini kita sudah akan belajar mengkombinasikan sebuah efek di videopad, dan hal ini juga demi memenuhi tuntutan dari judul yaitu membuat efek layaknya film. Kita akan mencoba hal ini.

Untuk yang pertama, tentunya kita hapus dulu efek Hitam putih yang sebelumnya telah kita terapkan, caranya sangat sederhana, jika kalian perhatikan pada gambar sebelumnya dibagian Pengaturan efek, disana akan terlihat Black and White, kalian tinggal klik icon silang, otomatis efek hitam putih akan hilang atau terhapus, perhatikan gambar dibawah ini.

Setelah efek hitam putih sudah hilang, kita pilih efek brightness, secara otomatis pada pengatur effect akan muncul sebuah pengaturan effeck Brightness yang terdiri dari, Brightness (Cahaya), Contrast (Ketajaman bayangan, atau sederhananya mengatur gelap pada video) dan Gamma, kita harus mengaturnya terlebih dahulu secara manual untuk mendapatkan efek cahaya yang kita inginkan.

Dalam contoh ini penulis mendapatkan hasil seperti gambar dibawah ini

Ok, kita lanjut untuk menambahkan efek Saturation. Untuk tambahan, efek Saturation itu untuk mengatur efek pewarnaannya atau istilah dalam dunia editing Tone Warna, seperti yang biasa digunakan untuk efek pembuatan film.

Lanjut, setelah kita memilih efek saturation, maka akan muncul kembali pengaturan efek baru diatas pengaturan efek, langsung saja kita atur kembali Saturationnya, disini penulis menambah value saturationnya hingga hasil yang penulis dapatkan nantinya akan lebih berwarna daripada sebelumnya, seperti gambar dibawah ini.

Ok sampai disini kalian masih bisa mengaturnya hingga sesuai dengan selera, mungkin sudah sangat panjang pembahasan kita tentang cara menambahkan efek kedalam sebuah video dengan menggunakan Videopad. Sampai disini kalian bisa bereksperimen kembali, diatas hanya contoh agar kalian bisa mengerti bagaimana mengatur efek pada videopad, menghapus dan menggabungkan sebuah efek.

Sumber: (here)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *