VideoPad 5: Menambahkan Teks Pada Video Dengan Videopad

VideoPad 5: Menambahkan Teks Pada Video Dengan Videopad

Kali ini kita akan membahas cara menambah atau memasukan tulisan (Teks) kedalam video menggunakan videopad cukup mudah. Disini penulis masih menggunakan Videopad v2.41 namun sebenarnya kalau kalian sudah mengerti versi 2.41 pasti kalian akan mengerti menggunakan videopad versi diatasnya seperti versi 4 atau versi 5 saat ini.
Disini kita akan menggunakan fitur Overlay pada videopad. Dimana selain teks sebenarnya kita juga bisa memasukan file gambar ataupun video tapi untuk saat ini kita fokus saja dengan teksnya.

Jadi, kita langsung saja, anggap saja kalian sudah memasukan video kalian, mengedit, memotong dan sebagainya. Untuk contoh disini penulis hanya menggunakan gambar warna hitam saja (Insert Blank, pada videopad).

Disini penulis akan membuat credit pembuka untuk sebuah video ataupun film yang sangat sederhana. Untuk menambahkan sebuah teks kalian bisa klik icon tambah pada tab overlay. Perhatikan gambar dibawah ini.

Setelah kalian klik icon tambah tersebut, akan muncul sebuah kotak box baru, untuk defaultnya, Teks akan langsung tercentang. Seperti gambar dibawah ini

Pada gambar diatas, terlihat sebuah box input, kalian tinggal memasukan kata-kata di box input teks tersebut. Dalam contoh kasus kali ini penulis akan memasukan tulisan a film by Tutorial Videopad. Setelah selasai kalian tinggal klik OK.

Setelah kalian klik OK, secara otomatis pada timeline, muncul sebuah track baru pada bagian overlay track (Teks Track), yang menandakan bahwa tulisan atau teks yang kita masukan kedalam video telah berhasil.

Disini kita masih bisa mengatur bentuk tulisan, tata letak tulisan, ketebalan hingga ukuran teksnya, coba kalian perhatikan pada bagian preview, teksnya masih belum diatur bahkan letaknya.

Untuk mengatur teksnya kalian bisa utak-atik bagian pengaturan Overlaynya, lihat pada gambar diatas terdapat pengaturan size, opacity bahkan kalian masih bisa mengganti atau mengedit teksnya jika terdapat kesalahan, dibawah ini penjelas ringkas dari pengaturan overlaynya

  1. Mengatur ukuran teks
  2. Mengatur ketebalan teks (Transparansi)
  3. Mengedit teksnya jika diperlukan
  4. Mengatur gaya teksnya
  5. Mengatur tata letak teksnya

Jika kalian masih ingin mengatur teksnya, seperti durasi pada teksnya, mungkin kalian ingin menampilkan teksnya selama beberapa detik kalian hanya perlu menarik tracknya agar lebih panjang atau pendek, atau mungkin kalian ingin mengatur teksnya akan tampil pada durasi tertentu kalian tinggal klik kiri dan tahan pada track tulisannya kemudian menggesernya ke durasi yang kalian tentukan, kalian bisa lihat ilustrasi dibawah ini agar lebih jelas tentang bagaimana cara mengatur durasi dan menentukan durasi keberepa teksnya akan muncul.

Pada ilustrasi diatas sudah cukup jelas bagaiamana mengatur posisi keberapa tulisan kita akan muncul dan mengatur durasi pada overlay. Untuk hasil yang penulis dapatkan seperti contoh dibawah ini pada bagian overlay.

Disini kalian bisa mengembangkannya lagi, ini hanya dasar. Kalian bisa mengutak-atik pada bagian pengaturan dan sebagainya.

Sumber: (here)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *