VideoPad 4: Menggabungkan 2 Video Menjadi 1 dengan Videopad

VideoPad 4: Menggabungkan 2 Video Menjadi 1 dengan Videopad

Pada artikel yang lain saya telah membahas bagaimana cara kita memotong sebuah video di videopad, jika ada untuk memotong maka tentunya juga ada tutorial bagaimana cara menggabungkan dua video atau beberapa video dengan videopad. Tutorial ini bisa anda jadikan sebuah refrensi untuk yang punya banyak koleksi video yang terpisah-pisah atau mungkin anda mempunyai video music yang ingin disatukan dan sebagainya.
Tutorial menggabungkan video didalam videopad bisa kita kategorikan menjadi tutorial paling dasar didalam tutorial videopad, karena memang blog ini khusus penulis buat untuk anda yang baru pertama kali memulai belajar videopad atau sederhananya buat anda yang baru pertama kali mengedit video dengan videopad.

Nah, tanpa basa-basi lagi berikut adalah tutorial mudah menggabungkan sebuah video

Cara Menggabungkan Dua Video Menjadi Satu dengan Videopad

CARA MENGGABUNGKAN VIDEO

  1. Buka videpad anda terlebih dahulu, lalu klik Add media dan masukkan semua video anda yang akan kita gabungkan, anggap saja kita akan menggabungkan dua video.
  2. Pilih video yang pertama kemudian klik tanda anak panah yang berwarna hijau atau lebih cepagtnya tekan Ctrl + E untuk memasukkan video tersebut ke timeline secara otomatis.
  3. Lakukan yang sama untuk video yang kedua, dan seterusnya jika lebih dari dua. Yang perlu kita ingat saat akan memasukkan video ini ke timeline adalah setiap kita memasukan video yang kedua dan seterusnya akan mucul kotak dialog yang memberikan tiga pengaturan atau opsi.
    Pertama = slider artinya video ini akan dimasukkan di sisi video yang terdapat tanda garis vertikal berwarna merah di timeline.
    Kedua = beginning artinya video ini akan berada di urutan yang paling pertama.
    Ketiga = end artinya video ini akan berada di urutan paling akhir.
  4. Setelah selesai memasukan video ke timeline sebenarnya tutororial kita pada artikel ini telah selesai, namun teman-teman juga menambahkan berbagai transisi agar perpindahan antara video yang satu dengan yang lain menjadi halus, untuk melihat hasil penggabungan teman-teman, coba klik Preview untuk meihat hasil penggabungan video tersebut. Kalau urutan pada video belum sesuai dengan keinginan teman-teman, anda bisa mengaturnya dengan mudah, cukup geser video yang ada di timeline ke kanan atau ke kiri sesuai urutan yang anda inginkan.

Proses penggabungan antar video yang satu dengan yang lain sampai disini telah selesai, tinggal anda kreasikan sendiri, anda juga dapat memberikan efek-efek pada video atau memberikan animasi transisi tiap perpindahan video, dari video yang satu ke yang lain, setelah dirasa cukup, silakan save proyek anda, nah untuk tutorial rendering/save proyek anda menjadi file video, penulis sarankan ke artikel di bawah ini, karena terkadang kita merender video/save video, hasil yang kita dapatkan tidak memuaskan, seperti halnya hasil yang kita dapatkan mempunyai kualitas gambar yang pecah-pecah, hasil rendering kita filenya terlalu kebesaran, dan sebagainya.

Sumber: (here)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *